10 Tips Cegah Perselingkuhan

selingkuhMencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Sebelum ditemukan tanda-tanda pasangan hidup berselingkuh, ada sebaiknya kita mempraktekkan beberapa hal berikut ini:
1. Perlakukan Suami Seperti Raja
Pria harus merasa dirinya diperlakukan seperti raja, meskipun tingkah laku dan wajahnya tidak seperti raja. Percayalah, jika anda memperlakukan suami Anda seperti raja, semakin banyak balasan yang anda terima. Mereka akan bekerja lebih keras lagi.
Dia ingin istrinya mengatakan, “Sayang, aku sangat menghargai semua yang telah kau lakukan untukku dan anak-anak.”
Kalimat sederhana itu memberi mereka kekuatan untuk tetap melakukan hal-hal yang benar dan selalu berada di sisi Anda dan anak-anak. Pria akan melakukan apa saja, mulai dari bekerja lebih keras agar membawa pulang uang yang lebih banyak sampai pekerjaan remeh-remeh seperti turut menyiapkan makan malam atau melipat setumpuk cucian.
Dan mereka akan semakin rajin melakukannya jika ada hadiah di baliknya. Hadiah itu tidak perlu berupa uang. Hanya sesuatu yang berasal dari hati: sebuah ucapan terima kasih dan penghargaan.
2. Perlakukan Istri dengan Romantis
Se-shalihah apapun seorang istri, tetaplah seorang wanita yang membutuhkan kelembutan, perhatian, dan sanjungan. Jangan sampai istri yang merasa tidak diperhatikan lantas mencari perhatian pria lain untuk memenuhi kebutuhannya.
Pujilah istri, sebelum ia mendapat pujian dari pria lain.
3. Perbaikan Penampilan
Baik suami maupun istri tentulah menginginkan penampilan pasangan yang sempurna. Oleh karena itu memberikan perform terbaik untuk pasangan sangat diperlukan.
Jangan ketika pergi bekerja, istri mengenakan rok yang cantik, berdandan, dan lain-lainnya. Tetapi setibanya di rumah, keindahan itu hilang sebelum dia sampai di depan pintu. Kemudian, setelah bekerja seharian di kantor dan masih harus menyelesaikan tugas-tugas lain setibanya di rumah, dia pergi tidur sambil mengenakan scarf di kepala dan daster dan kaos oblong.
Pria adalah makhluk visual. Istri tidak harus selalu tampil  full make up setiap saat. Tapi bagaimanapun juga, pria menganggap wanita adalah sumber keindahan dan inspirasi. Tidak ada ruginya menjaga penampilan agar rapih dan wangi. Ketika suami pulang ke rumah setelah seharian capek bekerja, maka manjakan matanya dengan penampilan menarik dan senyum kerinduan.
4. Kedekatan Emosional Yang Hilang Dalam Hubungan Suami-Istri
Jangan melulu berbincang tentang kebutuhan anak-anak dan rumah tangga yang tidak ada habis habisnya. Cari topik pembicaraan yang menarik dan menggairahkan. Pria senang dan bahagia membuat wanita yang dicintainya terkesan. Biarkan dia bicara, dan katakan betapa pintarnya dia.
Tidak usah heran mengapa banyak pria intelek berselingkuh dengan wanita biasa-biasa yang pendidikannya biasa. Dengan wanita seperti itu, pria merasa dikagumi. Sesuatu yang mungkin sudah lama hilang dari tatapan mata istrinya. Pandangan kekaguman yang mampu membooster ego-nya dalam sekejap.
Begitu pula dengan seorang istri yang membutuhkan kedekatan emosional lebih dari sekadar pertanyaan “Masak apa hari ini?”
Lakukan hal-hal yang dapat mendekatkan lagi hubungan emosional antara suami-istri.
5. Pujian Di Depan Umum.
Wanita manapun akan bahagia menikmati tatapan penuh kekaguman atau pujian yang dilontarkan pria di depan umum. Pria juga demikian, pada kadar dan cara yang berbeda. Sering wanita lalai atau menganggap suaminya tidak lagi membutuhkan pujian nyata di depan orang lain.
Pria butuh merasa menjadi Numero Uno bagi wanitanya. Cara yang paling jitu adalah memujinya di depan orang lain, diantara sahabat atau keluarga pada acara acara non formal, dengan gaya yang tidak norak tentunya.
6. Buang Jauh-Jauh Keinginan Membuatnya Cemburu
Tak sedikit yang menyarankan untuk membuat pasangan cemburu agar kembali jatuh cinta. Dalam beberapa kasus mungkin bisa berhasil. Namun perlu diketahui bahwa dekat dengan pria/wanita lain untuk membuatnya cemburu itu artinya Anda sedang pamer sikap romantis yang Anda dapatkan dari orang lain.
Atau Anda memang masih bisa GR mendapati orang lain memuji Anda? Hati-hati, tidak semua pria atau wanita senang merasa terancam. Salah satu alasan mereka menikahi Anda adalah untuk memiliki rasa nyaman karena seutuhnya Anda menjadi miliknya. Jika sesudah menikah pasangan masih harus berebut dengan orang lain, ini bisa menjadi membuat rasa dan kepercayaannya pada Anda terkikis.
7. Bersikap Baik pada Keluarga dan Orang-Orang di Sekitarnya
Sebagaimana kita mencintai keluarga dan orang-orang di sekitar kita, lakukan hal yang sama pada keluarga dan orang-orang di sekitar pasangan kita.
8. Percaya Bahwa Ia Mencintai Anda
Walaupun sangat mencintai wanitanya, seringkali suami tidak mau terlalu sering mengungkapkan. Jadi jangan heran dan cemas jika 100 kata cinta Anda hanya dibalas sekali saja oleh mereka.
Secara alami wanita memang mudah mengekpresikan perasaannya. Sementara pria, banyak dari mereka yang khawatir jika mengucapkan kata cinta akan membuat mereka terlihat cengeng dan tidak jantan.
9. Biarkan pasangan memiliki kebebasan
Menikahinya jangan lantas membuat Anda merasa selalu berhak atas waktunya. Belajarlah untuk menerima bahwa pasangan butuh menghabiskan waktu bersama teman-temannya, tanpa Anda. Percayalah, memberinya kebebasan untuk melakukan hobi bersama teman akan membuatnya sangat berterimakasih pada Anda.
10. Prioritaskan Hubungan Anda
Pekerjaan, anak-anak, hingga masalah kerabat, kadang tanpa sadar membuat Anda menempatkan suami jadi yang kedua. Secara berkala ambil sedikit waktu untuk memikirkan hubungan Anda. Jika dirasa kesibukan mulai membuat kualitas hubungan melemah, bergegaslah memperbaikinya.
Pekerjaan, anak, kerabat, suatu saat akan pergi. Pasangan akan tetap bertahan asal kita berusaha mempertahankannya dengan sebaik mungkin.
Semoga tips yang sedikit dan sederhana ini bisa bermanfaat untuk keutuhan rumah tangga Sahabat. (ummi/ken).
Gaya Hidup