Ini Sosok Pembawa Bendera Pusaka HUT RI ke-70

Foto:  ANTARA/Yudhi Mahatma
Foto: ANTARA/Yudhi Mahatma

TIGARAKSA-Paskibraka putri asal Kabupaten Tangerang Maria Felicia Gunawan menjadi pembawa duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). Siapa sesungguhnya sosok pembawa duplikat bendera pusaka yang menjadi pusat perhatian pada pengibaran sang saka merah putih di Istana?

Maria Felicia Gunawan merupakan pelajar SMAK Penabur Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Saat ini Maria duduk di kelas dua, lahir di Jakarta 23 Februari 1999, Maria Felicia Gunawan merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara. Maria yang biasa disapa Cia ini menguasai tiga bahasa asing yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin.
Cia memiliki tinggi badan 174 cm dan berat badan 60 Kg ini prestasinya sangat menonjol di kelasnya. Tak heran Cia sangat di kagumi oleh teman-temannya dikarenekan Cia sangat pintar dalam mata pelajaran. Cia juga memiliki nilai raport di atas rata-rata teman kelasnya, punya bakat kepemimpinan, mahir baris berbaris, dan memiliki kemampuan berbahasa asing.
Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Tangerang Sazlizal Muttaqin mengaku penunjukan Maria Felicia Gunawan sebagai pembawa bendera nasional sangat membanggakan dikarenakan untuk membawa duplikat bendera pusaka tentu memiliki keunggulan dari yang lain. Pada saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Cia untuk dikibarkan.
“Penunjukan Maria sebagai pembawa baki nasional tentu ini menjadi kebanggan dan prestasi buat Kabupaten Tangerang, apa lagi dalam pelaksanaannya Maria sukses menerima duplikat bendera pusaka dari Presiden Jokowi,” katanya. Muttaqien menambahkan, pada tahun 2003 perwakilan Banten menjadi tim inti Paskibraka nasional. Akhirnya selama 12 tahun penantian, tahun 2015 siswi asal Kabupaten Tangerang terpilih menjadi pembawa duplikat bendera pusakaa.
“Kami tentunya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Banten dan Bapak Bupati Tangerang atas dukungan dan perhatiannya terhadap Paskibraka Kabupaten Tangerang,” imbuhnya. Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang Syaifullah jugga mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para pelajar SMA/SMK/MAN asal Kabupaten Tangerang yang ditunjuk sebagai pembawa baki nasional. “Ini merupakan prestasi buat Kabupaten Tangerang, saya ucapakan selamat buat Maria yang ditunjuk sebagai pembawa baki nasional,” ujar Syaifullah. (fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *