Pembawa Bendera Pusaka HUT RI ke-70 Diganjar Beasiswa Rp 20 Juta

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Menyalami Maria Felicia Gunawan.
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Menyalami Maria Felicia Gunawan.

TIGARAKSA-Pembawa bendera pusaka pada HUT RI ke-70 di Istana Negara, Maria Felicia Gunawan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 20 juta. Beasiswa diberikan oleh BCA atas prestasi Paskibraka asal Kabupaten Tangerang tersebut karena telah mengharumkan nama baik sekolah dan daerah di tingkat nasional.

Selain itu, dara yang akrab disapa Cia ini juga medapatkan sertifikat penghargaan dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.
“BCA telah memberikan bantuan beasiswa kepada Maria Felicia Gunawan sebesar Rp 20 juta. Pemberian bantuan kepada Maria sebagai penghargaan atas prestasinya yang telah membawa nama baik sekolah SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang,” kata Donny Hutasoit, guru pembina Paskibraka SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang.

Masih menurut Donny, Pemberian bantuan beasiswa tersebut disampaikan kepada Maria saat acara pemberian penghargaan untuk siswa yang berprestasi bertempat di SMAK Penabur Gading Serpong pada tanggal 1 September 2015 lalu.
“Sekolah mengadakan acara pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi termasuk Maria. Prestasi Maria memang sangat mengangkat nama baik sekolah kami apa lagi sebagai pembawa baki nasional yang berhadapan langsung dengan Presiden Jokowi,” tambah Donny. Secara akademis, prestasi yang dicapai Maria sangat bagus dari semester satu dan dua bahkan masuk 10 besar dalam kelasnya. Selain Paskibraka, Maria juga mengikuti kegiatan ekstra kurikuler basket dan menari juga bagus.

“Maria memang punya talenta yang sangat bagus atau multitalen dan dia selalu memotivasi teman-teman dan selalu menjadi orang penyemangat bagi teman-temanya,” katanya.
Novita Hamdan, tante dari Maria Felicia Gunawan menceritakan paska rangkaian Paskibraka tingkat nasional saat ini Maria fokus mengikuti mata pelajaran di sekolahnya, banyak pelajaran disekolah menjadi prioritas utama.
Ia mengakui sejak SMP di Lampung, Maria minatnya di Paskibraka bahkan ketika Maria baru kelas I langsung ditunjuk menjadi pembawa baki kenaikan upacara 17 Agustus.

Novita Hamdan mengungkapkan bahwa Maria merupakan anak dari kakak suaminya yang tinggal di Lampung. Ayah Maria bernama Dr Willy Gunawan dan ibunya Hertaty Tjendra. Maria yang akrab disapa Cia ini anak kedua dari 2 bersaudara dan tinggal bersama dirinya sejak Cia masuk SMAK Penabur dua tahun lalu.
Cia pernah mengikuti OSN Fisika tingkat Provinsi Lampung, selain itu pernah meraih juara pertama lomba story telling dan juara 1 tingkat Provinsi Lampung. “Kebetulan Cia sejak kecil sangat semangat dan selalu menjadi yang terbaik dan dari sejak kecil memang sudah kelihatan bakat kepemimpinanya dan suka memberikan arahan dan motivasi kepada sepupu dan adik-adiknya,” kata Novita.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, atas prestasi yang diraih Maria Felicia Gunawan dan bersama anggota Paskibraka Provinsi Banten asal Kabupaten Tangereng dan Paskibraka Kabupaten Tangerang, Pemkab Kabupaten Tangerang memberikan uang pembinaan dan piagam penghargaan.
“Ini sebagai penghargaan Pemkab Tangerang atas prestasi yang diraih para pelajar asal Kabupaten Tangerang,” kata Zaki. Bupati melanjutkan, prestasi yang telah diraih Maria Felicia Gunawan ini patut dihargai dan diapresiasi.

“Ini menjadi motivasi untuk generasi kita selanjutnya. Sejauh ini Paskibraka telah cukup baik dan bisa kita lihat Paskibraka yang berprestasi baik tingkat provinsi dan nasional,” imbuhnya.
Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Banten Eris Anwar Firdaus mengatakan kalau prestasi Cia itu sangat membanggakan, tidak saja bagi Kabupaten Tangerang tapi juga bagi Provinsi Banten.
“Menjadi pembawa baki bukan sekedar dilihat penampilan secara fisik maupun mental ataupun pengetahuan tetapi banyak aspek. Tentu Cia memiliki keunggulan dari yang lain,” pungkasnya. (fab)

Banten