Raimuna Pramuka Banten Digelar di Pandeglang

TIGARAKSA-Sebanyak 64 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang mengikuti Raimuna Daerah (Raida) Provinsi Banten tahun 2015, yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kwarda Banten Cikujang Kecamatan Panimban Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten tanggal 7-14 September 2015.
Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang H Hermansyah mengatakan peserta Raida ini merupakan hasil seleksi dari tiap ranting di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang. Raida diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Raida diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Cabang.

“Saya kira apa yang saya sampaikan acara pelepasan ini merupakan evaluasi bagi Kwartir Cabang gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang tentang kegiatan yang sudah dilakukan selama 3 tahun, semoga peserta yang mengikuti Raimuna Daerah ini bisa mengikuti dengan baik,” kata Hermansyah.

Raimuna adalah kegiatan bagi pramuka penegak dan pandega yang merupakan gabungan dari peran saka atau perkemahan antar satuan karya pramuka dan perkemahan wirakarya. Sehingga raimuna merupakan pertemuan besar dengan berbagai aktifitas yang bersifat aktif, reaktif, produktif berbagai aktifitas yang bersifat aktif reaktif produktif, edukatif inovatif, dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai Daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Timur Kabupaten Yapen Waropen Papua. Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama.

Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan. (fab)

Banten