Kelurahan Kelapa Dua di Kancah Nasional

KELAPA DUA-Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua terpilih menjadi obyek verifikasi dan penilaian kabupaten/kota sehat tingkat nasional. Terpilihnya Kelurahan Kelapa Dua ini merupakan hasil kerja keras semua elemen masyarakat, dari mulai jajaran kelurahan, Pokja Sehat dan masyarakat Kelurahan Kelapa Dua terhadap kesehatan lingkungan.

Ketua Tim verivikasi nasional yang dipimpin Bambang Wahyudi beberapa waktu lalu menyambangi RW 06 dan 07 Kelurahan Kelapa Dua. Kedatangan Bambang dan rombongan ini untuk melihat langsung komitmen warga di kedua RW tersebut terhadap kesehatan lingkungan. Selain itu, tim verifikasi juga melihat secara langsung aktivitas Pasar Kelapa Dua.

Lurah Kelapa Dua, Dadang Sudrajat mengatakan, komunikasi yang baik antar elemen masyarakat menjadi kunci mewujudkan Kelurahan Kelapa Dua sebagai lingkungan sehat. “Saya merasa bangga bukan karena diverifikasi dan dinilai, tetapi saya bangga akan komitmen warga secara konsisten menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing,” kata Dadang.

Ia menambahkan, penilaian ini merupakan momentum sebagai penghargaan dan pengakuan pemerintah terhadap usaha dan upaya warga untuk menjaga kesehatan lingkungan.

Hal ini terbukti dengan beberapa wilayah binaannya di RW 06 sebagai Kampung PHBS dan RW 07 sebagai kawasan bebas asap rokok. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah daerah menuju Tangerang Gemilang.

Camat Kelapa Dua Yayat Rohiman mengaku bangga dan berterimakasih kepada semua elemen masyarakat yang dengan konsisten menjaga kebersihan linkungan. ‘Saya yakin ini bukan hasil yang instans, tapi masyarakat sudah lama bahu-membahu untuk menjaga kebersihan lingkungannya,” kata Yayat.

Ia juga mengajak seluruh warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih kata Yayat, banyak mafaat yang secara langsung akan didapat oleh warga. “Lingkungan menjadi bersih, jauh dari penyakit dan udara juga menjadi segar,” imbuhnya.

Ketua RW 06, Budiono dan Ketua RW. 07, Saiman, mengaku bangga atas prestasi tersebut. “Ini sebuah kehormatan bagi warga dan pengurus, hal ini tentunya akan menambahh motivasi kami untuk terus mengajak warga agar terus menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya. (rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *