Gebrak Pakumis Bangun 1.000 Unit Rumah untuk Keluarga Miskin

TIGARAKSA-Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun 2015 akan membangun sebanyak 1.000 unit rumah untuk masyarakat miskin melalui program Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis).

Sasaran dari program tersebut adalah kawasan permukiman kumuh seperti rumah tidak layak huni, prasarana sarana dan utilitas yang buruk dan kurang memadai yang berdampak pada rendahnya tingkat kesehatan lingkungan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang Hery Haryanto mengatakan, tahun ini Pemkab Tangerang akan memperbaiki rumah di kawasan padat kumuh 1.000 unit di 10 kecematan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Rumah yang akan dibangun rumah dari semi permanen menjadi permanen. Program Gebrak Pakumis akan difokuskan di Kecematan Teluknaga, Kecematan Pakuhaji, Kecematan Sepatan Timur, Kecematan Kronjo, Kecematan Mekar Baru, Kecematan Sukamulya, Kecematan Gunung Kaler, Kecematan Jambe, Kecematan Tigaraksa dan Kecematan Kemri. Ketua UPK Kecematan Teluknaga H Abi Sanjaya menambahkan, dalam program Gebrak Pakumis ini fokus utamanya adalah peningkatan kualitas rumah tidak layak huni dan penataan kawasan kumuh.

“Masih banyak rumah padat kumuh dan padat di wilayah Teluknaga. Dengan adanyan program ini akan banyak membantu kualitas rumah layak huni masyarakat di Teluknaga,” kata Abi.
Tahun ini Kecematan Teluknaga mendapatkan perbaikan 148 unit rumah padat kumuh miskin atau Kelompok Penerima Manfaat (KPM), tersebar di empat desa yaitu Desa Lemo 44 KPM, Desa Muara 62 KPM, Desa Tegal Anus 20 KPM, dan Desa Babakan Asam 22KPM.

“Kalau untuk Desa Lemo ada 44 KPM, ada di RT 04 sebanyak 22 KPM, dan RT 03 sebanyak 22 KPM,” imbuhnya. Selain rumah yang diperbaiki, ada juga perbaikan saluran air lingkungan, MCK, perbaikan jalan lingkungan atau paving blok dan juga program listrik masuk desa atau desa terang benderang di lingkungan yang akan dibangun rumah layak huni.

Ketua RT 04/09 Desa Lemo Kecematan Teluknaga Misnan Tagor mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang telah membantu memperbaiki rumah penduduk di kampungnya. “Wilayah saya ada 53 KK, tapi yang mendapatkan perbaikan rumah sebanyak 22 rumah, dengan jumlah rumah di RT saya sebanyak 29 rumah. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pak Bupati yang membantu memperbaiki rumah warga di tempat kami,” kata Misnan. (bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *