Hebat! Pemkab Tangerang Raih WTP 7 Kali Berturut-turut

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro menyerahkan piagam penghargaan WTP kepada Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar.
Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro menyerahkan piagam penghargaan WTP kepada Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar.

JAKARTA-Pemerintah Kabupaten Tangerang kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 7 kali berturut-turut dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).
Piagam penghargaan atas capaian WTP itu diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro kepada Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2015, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro mengatakan, Rakernas akuntansi ini merupakan aganda rutin setiap tahun yang telah dilakukan sejak tahun 2008. Acara ini diharapkan akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahunnya. Untuk tahun ini tema Rakernas adalah implementasi akuntansi pemerintah berbasis akrual: era baru akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah Indonesia.

“Dengan tema ini kita berupaya untuk meningkatkan komitmen dan menumbuhkan sinergi para pengelola keuangan negara, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang baik, transparan, dan akuntabel melalui implementasi akuntansi dan pelaporan keuangan berbasis akrual,” ucap Bambang.

Selain Kabupaten Tangerang, Kementrian Keuangan juga dalam kesempatan tersebut memberikan penghargaan kepada 287 instansi pemerintah, yang terdiri dari 62 Kementerian/Lembaga (K/L), 26 Pemerintahan Provinsi (Pemprov), 149 Pemerintahan Kabupaten (Pemkab), dan 50 Pemerintahan Kota (Pemkot). Sementara itu, Zaki sangat bersyukur atas diraihnya WTP untuk ke 7 kalinya secara berturut-turut.

Capaian ini kata Zaki bukan hasil kerja sendiri, namun berkat kerja keras semua pihak dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang. “Kita bersyukur selama 7 kali berturut-turut Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapat predikat WTP dari BPK dan meraih piagam penghargaan WTP tersebut dari Kementrian Keuangan dalam mengelokaan keuangan dan aset daerah. Ini prestasi luar biasa yang dicapai Pemkab Tangerang,” kata Zaki saat dijumpai usai menerima penghargaan tersebut.

Dwi Chandra Budiman selaku Kasubag pemberitaan pada Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Tangerang pun turut bangga atas prestasi tersebut. “Kita harus bersyukur, bekerja keras dan tidak boleh jumawa karena tantangan untuk mempertahaankan sebuah prestasi akan lebih berat dari mengejar prestasi, semoga kita dapat menciptakan Tangerang Gemilang,” tandasnya.

Sekretaris BPKAD Kabupaten Tangerang Tini Rustini menambahkan, penghargaan WTP yang ke 7 kali bertutut-turut ini patut disyukuri bersama meskipun masih ada beberapa kekurangan namun terus diperbaiki. “Penghargaan WTP ini harus terus dipertahankan di tahun-tahun berikutnya. Karena mulai tahun 2015 sistem akuntansi pemerintah akan beralih dari sistem akuntansi berbasis kas ke sistem berbasis akrual,” pungkasnya. (bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *