Kelurahan Bencongan Sabet Juara 3 Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Lurah Bencongan, M. Yanuar Harsepa.
Lurah Bencongan, M. Yanuar Harsepa.

KELAPA DUA-Baru-baru ini Kelurahan Becongan, Kecamatan Kelapa Dua meraih prestasi yang membanggakan. Salah satu kelurahan terpadat di Kabupaten Tangerang ini menyabet juara ke 3 Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Banten.

Dengan jumlah penduduk sekitar 47 ribu jiwa ini, Kelurahan Bencongan merupakan juara 1 Lomba Kelurahan tingkat Kecamatan Kelapa Dua dan tingkat Kabupaten Tangerang. Kemudian didapuk untuk mewakili Kabupaten Tangerang di ajang Provinsi Banten.

“Tak mudah memang untuk mensinergikan semua komponen di wilayah yang ada di Kelurahan Bencongan. Tapi dengan kerja keras dan kerjasama semua pihak, semuanya bisa bisa dilakukan,” kata Lurah Bencongan, M. Yanuar Harsepa.

Pria kelahiran Cisauk ini menambahkan, penghargaan tingkat provinsi ini merupakan yang pertama sejak Kelurahan Bencongan berdiri. Meski baru satu tahun menjabat, Yanuar melakukan sejumlah terobosan dalam bidang pelayanan.

Sejak ditempatkan di Kelurahan Bencongan pada bulan Oktober 2014 lalu, ia mula memetakan apa saja yang harus ditingkatkan, misalnya dalam hal pelayanan. “Akhirnya saya mengambil kebijakan untuk membuat loket khusus pelayanan masyarakat dan menerapkan pelayanan satu pintu berbasis Teknologi Informasi (TI). Pemum berperan penting dalam memberikan aplikasi pelayanan ini,” ungkapnya.

Keberadaan loket ini kata suami Vivi Sumantri Jayabaya ini tentunya akan sangat memudahkan dan membantu masyarakat yang ingin mengurus surat dan dokumen. “Dengan pelayanan berbasis TI kita bisa memangkas waktu pelayanan.

Karena cukup dengan memasukan no KTP, semua data yang dibutuhkan muncul dan tidak perlu diinput ulang,” imbuhnya.  Sedangkan untuk menjaga harmonisasi lingkungan, Kelurahan Bencongan memberikan ruangan di kantor kelurahan untuk dipakai aktifitas tiga pilar. Yang terdiri dari Polri, TNI dan pemerintahan.
Jadi ketika ada persoalan di bawah kata Yanuar bisa langsung sikapi dan dicarikan solusinya.

“Sinergi tiga pilar ini saya kira cukup efektif untuk keamanan dan ketertiban warga yang berada di 26 RW dan 170 RT,” pungkasnya. (rif)

Kabupaten Tangerang