Pemkot Tangsel Disinggung Soal Investasi Padat Karya

SERPONG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diminta serius untuk membenahi investasi swasta. “Saat ini perkembangan swasta lebih pesat dibanding pemerintahan.

Bukan hanya menunggu investasi, seharusnya Pemkot Tangsel memoles dan meningkatkan jumlah investor padat karya,” kata Ananta Wahana dalam diskusi “kepemimpinan tanpa wajah” di Djati Food Festival, Serpong, Kamis (3/12/2015).

Selain itu anggota DPRD Provinsi Banten itu juga menyoroti angka kemiskinan di Kota Tangsel. Sementara itu, narasumber dari Lingkar Terapan Filsafat, Ito Prajna Nugroho mengatakan, sejak reformasi, corak kepemimpinan di tingkat nasional maupun lokal, eksekutif maupun legislatif, sebetulnya bersifat tanpa wajah.

Kepemimpinan tanpa wajah adalah efek yang muncul dari bertumbuh suburnya underground economy dan underground politics. Wilayah bayang-bayang dalam ekonomi dan politik yang mendikte jalannya kebijakan ekonomi negara dan politik publik di wilayah terang.

Menurut Ito, transparansi dan legalitas sistem hukum sama sekali bukan jawaban atas persoalan ekonomi politik berbayang-bayang ini. “Hingga saat ini, kita sulit menentukan wajah pemimpinnya sendiri,” katanya. (abr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *