Bupati Tangerang Launching Sistem e-Reporting

TIGARAKSA-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melaunching sistem e-reporting, di ruang Wareng, Kantor Bupati Tangerang, Jumat (4/12/2015). Sebelumnya, sistem ini sudah disosialisasikan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Tangerang.

Sistem e-reporting menurut Zaki Iskandar, merupakan upaya nyata untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance) melalui reformasi birokrasi secara bertahap dan berkelanjutan. “Sistem e-reporting diharapkan menjadi sistem informasi dari tahap perencanaan, penganggaran hingga tahap monitoring dan evaluasi,” terang Zaki di depan Kepala SKPD.

Zaki menambahkan, pengembangan sistem tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan efesiensi anggaran yang tentunya akan berdampak pada transparansi dan akuntabilitas sebagai indikator terselenggaranya tatakelola pemerintahan.

“Setelah sistem ini berjalan, SKPD terus tergerak dalam peningkatan kinerja dan realisasi program-program unggulan yang telah tertuang dalam RPJMD lima tahun ke depan,” imbuhnya.

Program ini didukung dengan program pengkajian dan pengembangan sistem informasi dan penyusunan serta pengembangan SIM pelayanan publik. Pihak yang terlibat dalam program ini adalah seluruh SKPD, dengan leading sektornya Dinas Komunikasi dan Informatika.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad menyampaikan, sistem ini merupakan realisasi APBD dari setiap SKPD di Kabupaten Tangerang yang ditampilkan kedalam portal/situs online sehingga masyarakat luas bisa melihat juga memantau langsung APBD. E-Reporting sendiri menggunakan data dan laporan dari BPKAD dan SKPD terkait.

“Ini merupakan keterbukaan informasi publik dan tranparansi. Sistem ini sekaligus menjadi rapot bagi SKPD yang mejalankan dan akan menjadi indikator kinerja mereka,” terang Iskandar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Soma Atmaja menambahkan, sistem ini selain menjawab keterbukaan informasi publik, juga untuk memudahkan pimpinan dan masyarakat mengakses informasi secara cepat.

“Sistem ini bisa berjalan dengan baik apa bila SKPD terus mengupdate semua data informasi yang telah dilaksanakan,” kata Soma Atmaja. (bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *