Cegah DBD, Puskesmas Benda Baru Terjunkan 535 Jumantik

PAMULANG-Puskesmas Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayahnya.

Hal ini sebagai salah satu bentuk antisipasi terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang mulai merebak di sejumlah wilayah Tangsel akhir-akhir ini.

“Saat ini, kami memang sedang menekankan untuk melakukan PSN. Sehingga kejadian DBD bisa diantisipasi sejak dini dengan harapan tidak timbul korban,” ujar Kepala Puskesmas Benda Baru Yayah Samsiah.

Dalam melakukan PSN, pihaknya kata Yayah dibantu oleh 535 kader jumantik (juru pemantau jentik) yang tersebar di 3 kelurahan di Pamulang yakni Benda Baru, Bambu Apus dan Kedaung.

Dalam program ini, mereka sekaligus mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi warga. Selanjutnya, pihak Puskesmas juga terus berkoordinasi dengan para ketua RT dan RW di ketiga wilayah tersebut.

“Kami berharap, para ketua RT dan RW dapat memberikan laporan setiap kali terjadi kasus DBD di lingkungan masing-masing sehingga bisa segera mengambil tindakan,” ujarnya.

Terpisah, Danramil 06/Ciputat Kapten Inf. Supardi juga menyatakan kesiapannya untuk membantu petugas kesehatan dalam pemberantasan DBD di tengah masyarakat.

“Kami sudah koordinasi dengan sejumlah lurah dan camat. Jika memang anggota kami dibutuhkan untuk membantu foging focus (pengasapan), kami siap,” tutur Supardi. (abr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *