Panen Perdana Ikan Bandeng Program Gerbang Mapan

  • Bagikan

KEMIRI – Program Gerbang Mapan (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai) Kabupaten Tangerang terus menunjukan hasil yang menggembirakan, hal tersebut terlihat dengan adanya panen perdana ikan bandeng di Desa Patramanggala, Kecamatan Kemiri, Kamis (4/2/2016).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang Heri Wibowo mengatakan, panen perdana ikan bandeng ini dilakukan di area tambak seluas 50 hektar. Program Gerbang Mapan ini kata Heri, merupakan bagian dari 25 program unggulan Bupati Tangerang.

Dalam pelaksanaannya, program Gerbang Mapan ini bekerja sama dengan IPB. Dan untuk tahun 2015 hanya tiga desa yang tersentuh program tersebut, yaitu Desa Muara, Keamatan Teluk Naga, Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, dan Desa Patramanggala, Kecamatan Kemiri.

“Alhamdulillah tahun 2016 kita tambah 6 desa baru, dan Insya Allah tahun 2018, 25 desa bisa tercover. Kita tidak mau semua desa digulirkan program ini tapi tidak fokus, itu justru malah tidak efektif,” tandasnya. Asisiten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tangerang, Didin Syamsudin merasa bersyukur atas panen tersebut.

“Ini merupakan hasil panen tambak perdana dari hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui program Gerbang Mapan dengan PKSPL Institut Pertanian Bogor (IPB) yang ditetapkan melalui MoU kerjasama pada tahun 2014 lalu.

Semoga pencapaian hasil ini dapat terus kita pertahankan atau bahkan dapat ditingkatkan secara berkesinambungan. Sehingga penerapan program Gerbang Mapan ini dapat diimplementasikan secara merata di seluruh wilayah pesisir Kabupaten Tangerang,” ujar Didin.

Kepala PKSPL IPB Dr. Aryo Damar mengaku bahagia, karena Dinas Perikanan dan Kelautan selalu intensif berkoordinasi dengan timnya terkait peningkatan masyarakat pesisir Kabupaten Tangerang.

“Karena bisa dapat juara 3 ini capaian yang begitu luar bisa kami di IPB akan terus membantu Kabupaten Tangerang karena bila ini mencapai kesuksesan berarti kami berhasil membantu masyarakat pesisir Kabupaten Tangerang. Saya merasa berbahagia, muda-mudahan ini tidak berhenti di sini saja tetapi bisa terus berlanjut,” imbuhnya. (bar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *