1.240 Peserta Ikuti MTQ ke-46 di Kecamatan Legok

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar membuka MTQ ke-46, di Kecamatan Legok, Selasa (16/2/2016).
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar membuka MTQ ke-46, di Kecamatan Legok, Selasa (16/2/2016).

LEGOK – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 tingkat Kabupaten Tangerang yang dilangsungkan Kecamatan Legok resmi dibuka, Selasa (16/2/2016). Acara pembukaan MTQ dimeriahkan oleh pelantun lagu religi, Sulis.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan MTQ merupakan sebuah rutinitas yang dilaksanakan tiap tahun. Dan di tiap pelaksanaannya, selalu mendapatkan pemenang di berbagai kategori yang dilombakan. Hal ini kata Zaki, tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi pemenang dan kafilah terlebih jika mampu meraih juara umum.

“Namun penyelenggaraan MTQ bertujuan bukan sekedar mencari pemenang dan siapa yang menjadi juara umum semata. Tetapi tujuan utama kita adalah mencetak qori qoriah generasi penerus yang benar-benar berasal dari Kabupaten Tangerang, karena di Kabupaten Tangerang sendiri banyak sekali potensi-potensi tersebut dengan hampir menyebarnya pondok pesantren di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang,” ucap Zaki.

Dadan Gandana, Camat Legok mengatakan, sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Tangerang, berharap kegiatan ini dapat memberikan penguruh positif terhadap warga masyarakat Kabupaten Tangerang secara umum dan warga masyarakat Kecamatan Legok khususnya, terutama generasi muda penerus bangsa,

“Alhamdulillah pelaksanaan MTQ ke-46 tahun ini, Kecamatan Legok dipercaya menjadi tuan rumah MTQ tingkat kabupaten. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dan segenap warga masyarakat Kecamatan Legok atas kepercayaan yang diberikan kepada kami,” katanya.

Ketua LPTQ yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad mengatakan, tujuan diadakannya MTQ selain sebagai rutinitas, juga untuk menumbuh suburkan kehidupan umat beragama. “Kegiatan ini juga kita harapkan mendorong tumbuhnya lembaga pendidikan Al-Qur’an sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan seni baca Al-Qur’an di kalangan masyarakat Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Jumlah peserta MTQ ke-46 sebanyak 1240 peserta dengan 9 cabang perlombaan diantaranya; tilawah 290 peserta, hifzil qur’an 228 peserta, tafsir qur’an 88 peserta, qiroatul kutub 140, syahril qur’an 54, fahmil qur’an 48, kaligrafi 125 peserta dan musabaqoh hifzil hadist 30 peserta. (bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *