Presiden Jokowi Anugerahkan Penghargaan Satyalencana Pembangunan Koperasi kepada Bupati Zaki Iskandar

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Satyalencana Pembangunan Bidang Koperasi kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada acara Hari Koperasi Nasional  ke-69 di Jambi (21/7/2016).
Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Satyalencana Pembangunan Bidang Koperasi kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada acara Hari Koperasi Nasional ke-69 di Jambi (21/7/2016).

JAMBI-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menganugerahkan penghargaan Satyalencana Pembangunan Bidang Koperasi kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-69 tahun 2016 di Jambi, Kamis (21/7/2016).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas partisipasi dan kepedulian Bupati Tangerang Zaki Iskandar terhadap perkembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tangerang.

Pemkab Tangerang dinilai konsisten dalam melakukan pembinan terhadap koperasi di wilayah Kabupaten Tangerang. Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, perkembangan teknologi informasi (TI) yang begitu cepat dan dinamis menjadi tantangan bagi gerakan koperasi Indonesia di era milenium.

Menurut Jokowi, kunci untuk memenangkan persaingan adalah kecepatan dan bekerja fokus agar efisien. “Koperasi menghadapi tantangan yang serius karena kini semua negara bergerak cepat mengembangkan sistem online hingga berkembang aplikasi-aplikasi online termasuk toko online.

Berkembang misalnya e-bay, alibaba, bukalapak, blibli, aplikasi tani.com, dan aplikasi lain. Aplikasi-aplikasi yang bisa itu membantu kita kalau kita bisa mengadaptasi cepat dan akan jadi malapetaka kalau tidak bisa mengadaptasi dengan cepat,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Menteri Koperasi dan UKM Agung Gede Puspayoga mengatakan, kebijakan reformasi koperasi total telah digulirkan dan menjadi sebuah keharusan bagi koperasi semakin mandiri, sehat, dan profesional sehingga mampu bersaing.

“Jangan lagi berfikir membentuk koperasi hanya untuk mencari bantuan dana dan setelah dapat bubar. Ada 209.000 unit koperasi di Indonesia. Namun, total koperasi yang aktif hanya sekitar 147.000. Yang terpenting adalah banyak anggota bukan jumlah koperasinya,” terang Puspayoga.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar disela-sela acara menyampaikan rasa bangga dan syukurnya atas penghrgaan tersebut.

Menurut  Bupati  Zaki, penghargaan ini membuat pemerintah daerah lebih termotivasi agar koperasi-koperasi di Kabupaten Tangerang untuk lebih baik lagi ke depannya dan juga semakin banyak dan berkembangnya koperasi-koperasi yang sehat di Kabupaten Tangerang.

“Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan juga koperasi Kabupaten Tangerang yang telah mendukung program pemerintahan daerah Kabupaten Tangerang, terutama koperasi sehingga program-program pemerintah khususnya bidang koperasi bisa berjalan dan Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua, kita mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat,” katanya.

Bupati  juga  berharap agar ke depan koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang bisa menjadi koperasi yang sehat, mandiri dan juga memberikan manfaat dan juga kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

Sementara Itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang Teddi Suwardi mengungkapkan kegembiraannya atas capaian yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam meraih prestasi Satyalencana Pembangunan Bidang Koperasi.

“Syukur Alhamdulillah setiap tahun kita di Harkopnas itu dua koperasi di Kabupaten Tangerang selalu mendapatkan prestasi tingkat nasional, yakni koperasi berprestasi tingkat nasional dan tahun 2016 ini Koperasi Karyawan PT. YKK dan KUD Koperasi Bina Samudra Cituis Pakuhaji Kabupaten Tangerang yang mendapatkan penghargaan nasional ini.

Ke depannya saya berharap lebih banyak lagi koperasi-koperasi di Kabupaten Tangerang yang mampu berkembang dan maju sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang,” ucapnya. (adv)

Kabupaten Tangerang