UNBK SMP Hanya Diikuti 2 Sekolah Negeri

a_kabid smpTIGARAKSA-Pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat SLTP baru akan digelar awal Mei mendatang. Namun begitu,  sejumlah persiapan sudah dilakukan Dinas Pendidikan Kabuapten Tangerang. Kepala Bidang SMP, Fahrudin memaparkan, pihaknya , kemarin sudah melaporkan kesiapan pelaksanaan ujian nasional kepada Bupati Tangerang.

“Insya Allah, pelaksanaan  ujian nasional akan dilaksanakan pada tanggal-2-4 Mei 2017,” kata Fahrudin. Menurut Fahrudin, dari jumlah 213 sekolah tingkat SLTP yang mengikuti ujian nasional, sebanyak 46 sekolah akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dari jumlah sekolah yang mengikuti UNBK kata Fahrudin, hanya dua sekolah negeri yang mengikuti UNBK.

“Kebanyakan peserta UNBK adalah swasta sebanyak 44 sekolah. Sedangkan peserta sekolah negeri hanya 2, yakni SMPN Curug dan SMPN Cisoka,” terangnya. Terkait dengan pelaksanaan UNBK, pihaknya kata Fahrudin, telah melayangkan surat kepada PLN agar tidak melakukan pemadaman pada saat berlangsungnya UNBK.

“Wilayah yang rawan pemadaman adalah Cikupa. Untuk itu untuk menjaga kenyamanan para siswa dalam melaksanakan UNBK, kami melayangkan surat ke PLN,” ujarnya. Seputar kesiapan siswa dalam menghadai ujian nasional, Fahrudin mengaku, para saat ini juga tengah melaksanakan rangkaian kegiatan pra ujian nasional.

Menurut Fahrudin, mulai dari hari Senin-Kamis (10-13 April) para siswa mengikuti ujian sekolah. Dan pada tanggal 17 April mendatang, para siswa akan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Disinggung terkait maraknya pencurian computer menjelang UNBK, Fahrudin menyarankan agar sekolah-sekolah penyelenggara UNBK  memaksimalkan CCTV. (hrn)

 

Kabupaten Tangerang