Sanisek Buruk, Bupati Pastikan Beri Sanksi Tegas kepada Kepsek

TIGARAKSA-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memastikan akan memberikan sanksi tegas kepada sekolah yang memiliki nilai buruk dalam pengelolaan program sanitasi sekolah (sanisek).

Zaki menegaskan, akan menjatuhkan hukuman atau tindakan tegas kepada kepala sekolah yang tidak menjalankan program unggulan itu dengan baik.

“Yang nilainya jelek ada konsekuensinya. Pastinya yang pengelolaannya buruk, akan ada sanksi,” kata Zaki.

Zaki mengatakan, program sanisek adalah program yang diciptakan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Untuk program itu, kata dia, pemerintah menggelontorkan dana untuk membangun sarana sanitasi yang memiliki standar higienis.

“Pihak sekolah hanya tinggal mengelola dan merawat saja.  Jika ternyata pada monitoring dan evaluasi  ditemukan hal yang buruk, misalnya kondisi toilet yang kotor, maka kita pastikan akan memberikan sanksi tegas,” ujarnya.

Menurut  Zaki, dirinya   sulit mentolerir saat ditemukan kondisi sanisek yang tidak terawat. Pasalnya, kata dia, hal tersebut  mencerminkan buruknya kualitas lingkungan sekolah yang bersangkutan.

“Bagaimana anak-anak mau nyaman belajar kalau lingkungan sekolah, toiletnya kotor dan bau. Ini tugas kepala sekolah dan guru agar kondisi toilet di sekolahnya tetap terawat,” imbuhnya.

Meski begitu, Zaki mengaku akan adil  dan obyektif dalam memberikan penilaian. “Tentu  akan ada penghargaan bagi sekolah yang mendapat predikat baik dalam mengelola sanisek,” tandasnya. (anw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *