Sidak Pasar Sentiong, Bupati Temukan Bahan Makanan Berformalin

BALARAJA- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakaukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional Sentiong  Balaraja dan pusat perbelanjaan Gian Bojong Kecamatan Cikupa, Selasa (6/6/2017). Di Pasar Senitong, Bupati menemukan bahan makanan yang mengandung formalin.

Selain itu, ditemukan juga dua obat palsu. “Bahan makanan yang   mengandung bahan-bahan berbahaya kita sita. Dan penjualnya akan kita lakukan pembinaan. Sedangkan untuk obat palsu yang beredar agar diusut oleh aparat kepolisian,” kata Zaki.

Muji Harja,  Kepala Seksi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menjelaskan, bahan makanan yang mengandung formalin untuk industri tekstil dan kertas. Sedangkan  rhodamin tersebut dilarang digunakan untuk pewarna makanan.

“Bahan terbut berbahaya jika dikonsumsi terus menerus. Untuk itu masyarakat harus lebih selektif dalam memilih makanan jangan sampai tertipu dengan warnanya saja,” terangnya.

Aswati (45) warga Desa  Benda RT 02/04 Kecamatan Sukamulya, mengatakan  untuk kenaikan harga bahan-bahan pokok yang lainnya belum begitu signifikan. Menurut dia, bawang merah mengalami kenaikan cukup tinggi. “Harga  bawang merah saat ini sedang naik. Sekarang harganya mencapai Rp 33 ribu, bawang merah biasanya dipakai sehari-hari untuk bumbu. Kalau bisa harganya diturunkan,” kata Aswati yang ditemui usai berbelanja di Pasar Sentiong. (anw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *