Makna Kemerdekaan Bagi Penyandang Disabilitas

PONDOKAREN-Seperti sudah menjadi tradisi, setiap tanggal 17 Agustus,  masyarakat merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan berbagai cara. Momentum  HUT  Republik Indonesia   ke-72  juga dirayakan oleh sebuah yayasan penyandang disabilitas yang terletak di Jalan Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (17/8/2017).

Penyandang disabilitas di yayasan tersebut, tidak mau ketinggalan untuk merayakan momentum kemerdekaan Indonesia tahun ini. Penyandang disabilitas yang mayoritas anak sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama,  ikut memeriahkan sejumlah perlombaan.

Sejak pagi sekitar tiga puluh orang anak penyandang disabilitas dengan semangat mempersiapkan baju adat daerah, atribut merah putih dan kostum perjuangan. Sebelum mereka dengan khidmat mengikuti upacara bendera. Semua petugas upacara mulai dari pembawa bendera merah putih hingga penyanyi yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya pun dilakukan oleh anak-anak penyandang disabilitas.

Suara mereka terdengar lantang menyanyikan lagu kebangsaan.  Usai melaksanakan upacara bendera, anak-anak ini pun lantas mengikuti berbagai perlombaan seperti lomba memasukan bola, makan kerupuk hingga membawa kelereng.

Riuh para penonton bersorak kencang saat seorang peserta perlombaan yang juga merupakan penyandang disabilitas berhasil memasukan bola dan keluar sebagai pemenang.  “Tujuan kami merayakan dan memperingati hari kemerdekaan adalah untuk  menyuarakan hak anak-anak disabilitas.

Untuk dapat berprestasi,  bersosialisasi dan diakui oleh masyarakat,” kata, Ketua Yayasan Sayap Ibu Tangerang,  Renowati Hardjosubroto. Untuk tema tahun ini adalah “Anak Disabilitas Peduli Untukmu Indonesia”. (nhd)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *