Musim Kemarau, Warga Karangtengah Kesulitan Air Bersih

PAGEDANGAN-Musim kemarau yang melanda hampir seluruh daerah, mengakibatkan sejumlah warga di Kampung Karangtengah, Desa Karangtengah, Kecamatan Pagedangan kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan MCK, warga terpaksa menggunakan air kubangan yang biasanya digunakan untuk menyiram tanaman di area pertanian. Bukan perkara gampang untuk bisa sampai ke tempat penampungan air tersebut, warga harus berjalan sejauh satu sampai dua kilometer.

“Hampir setiap hari saya mencuci dan ngambil air di kubangan ini. Mau gimana lagi, kalau membeli air bersih kan mahal,” kata salah seorang warga, Sanih. Dari pantauan di lokasi, air yang digunakan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan MCK sangat tidak layak.

Selain kotor, tempat tersebut juga bercampur dengan sampah yang berserakan dimana-mana. “Saya tidak mampu beli air bersih, makanya saya terpaksa mencuci di sini. Saya berharap agar pemerintah bisa memperhaikan kondisi kami ini,” imbuh wanita paruh baya ini.

Hal senada dikatakan Mumun (45), hampir setiap hari dirinya mencuci dan mengambil air di kubangan tersebut. Mumun berharap agar pihak-pihak terkait seperti kecamatan dan instansi terkait lainnya segera memberikan bantuan air bersih kepada warga. “Kalau ada bantuan air bersih dari pemerintah tentu kami sangat terbantu,” pungkasnya. (nhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *