Agus Muslim: Pengawas Pemilu Harus Berkualitas

  • Bagikan

TANGERANG-Tenaga pengawas pemilu harus memiliki kualitas, baik dari aspek integritas maupun kompetensi dalam menjalankan tugas, agar pemilu dapat berlangsung jujur, adil dan bermartabat. Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim saat membuka pelaksanaan tes tulis bagi calon pengawas pemilu kecamatan (Panwascam),  di Gedung Universitas Muhamadiah Tangerang,  Cikokol, Kota Tangerang, kemarin.

Menurut Agus, kebutuhan akan tenaga pengawas pemilu yang mumpuni merupakan bagian dari ikhtiar untuk mewujudkan Pemilukada Kota Tangerang yang bakal digelar pada 27 Juni tahun depan, dapat terlaksana dengan baik serta berkualitas. “Dari hasil penjaringan melalui tes seleksi ini, tentu diharapkan dapat menghasilkan aparatur pengawas pemilu di kecamatan yang benar-benar mampu melakukan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Dijelaskan, sejatinya tugas pengawas pemilu itu tidaklah mudah lantaran harus mengawal berlangsungnya seluruh tahapan pemilu berada pada jalur yang benar, yaitu sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku terkait pemilu. Apalagi  sambung Agus, pada pelaksanaan Pemilukada Kota Tangerang tahun 2018 beririsan dengan tahapan pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden pada tahun 2019.

Untuk itu kebutuhan terpenuhinya tenaga pengawas yang berkualitas sangatlah penting.  “Untuk mencapai pemilu yang berkualitas, tentu dibutuhkan yang serba berkualitas. Tenaga pengawas pemilu  harus berkualitas,” kata Agus. Anggota Panwaslu Kota Tangerang Divisi SDM dan Organisasi Moh Abdul Rosid menambahkan, pelaksanaan tes tulis tersebut diikuti 86 peserta dari 13 kecamatan yang ada di Kota tangerang.

Kemudian hasil tes tulis itu nantinya akan diurut sesuai perolehan nilai yang kemudian dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya “Dari sejumlah 98 pendaftar dinyatakan lolos administrasi sebanyak 93 peserta. Namun demikan saat pelaksanaan tes tulis ini yang hadir sejumlah 86 peserta,  7 peserta tidak hadir dan dinyatakan otomatis gugur,” terangnya.

Sementara Kepala Sekretariat Bawaslu Banten Didih Hadiatna mengatakan, pelaksanaan tes tulis bagi calon pengawas tingkat kecamatan secara serentak dilaksanakan di empat kabupaten kota yang menggelar pemilukada, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten tangerang, Kota serang, dan Kabupaten Lebak.

“Ini untuk mengisi tenaga pengawas di kecamatan pada pelaksanaan Pemilukada di empat wilayah di Banten. Selanjutnya akan dilakukan tahapan tes wawancara untuk menentukan tiga besar yang nantinya akan menjadi komisioner Panwas di kecamatan,” pungkasnya. (ejp)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *