Disaksikan Wapres, Zaki Teken MoU GIPTI

JAKARTA-Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar melakukan penandatanganan MoU  dengan Rektor Universitas Paramadina, Sinar Mas Land, dan Kepala Puspiptek  mengenai  kesepakatan bersama  untuk pengembangan Galeri IPTEK dan Inovasi (GIPTI).

Penandatanganan MoU tersebut  disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Menristek Dikti, di Istana Wapres. senin, (15/1/2018). Mohamad Nasir, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menyambut baik  kolaborasi berbagai unsur dalam pengembangan iptek dan inovasi  tersebut. Menurutnya, pengembangan GIPTI, merupakan kolaborasi yang unik dari empat institusi lintas sektor yang mewakili unsur ABG (academician-Business-Government).

Keempat institusi lintas sektor itu adalah Pemerintah Pusat sekaligus lembaga litbang melalui Puspiptek, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Universitas Paramadina dan dunia usaha yaitu, Sinar Mas Land. “GIPTI harus  berkontribusi bagi pembangunan masyarakat berbasis iptek khususnya di Kabupaten Tangerang. Kesepakatan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing daerah,” kata Nasir.

Di sela-sela MoU, Zaki mengatakan, dengan adanya GIPTI  dapat menjadi ajang promosi daerah dalam pengembangan IPTEK. “Setiap tahun Pemerintah Kabupaten Tangerang mengadakan lomba inovasi-inovasi melalui gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diikuti oleh Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi ) yang tersebar di seluruh kecamatan,” terang Zaki.

Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla  mengungkapkan,  penandatanganan MoU tersebut  jangan hanya jadi ajang  seremonil belaka, tetapi harus ada tindak lanjut dan realisasi nyata ke depannya. “Setelah penandatanganan ini berkasnya saya harap jangan langsung ditaruh di laci kantor, tapi harus ditindaklanjuti  untuk  direalisasikan,” tandasnya. GIPTI akan menempati lahan Puspiptek di bilangan BSD City seluas  15 Ha. (anw)

Headline Kabupaten Tangerang