Gubernur Banten: Kita Tunggu Kontribusi Nyata ICMI

foto: istimewa

SERANG-Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Banten resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum ICMI Pusat Jimly Asshidiqie di Aula Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (30/10/2018).

Pelantikan pengurus ICMI Orwil Banten periode 2018-2023 itu dihadiri Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Ketua ICMI Orwil Banten Lili Romli, Ketua Orwil ICMI kabupaten dan kota, tokoh ulama, tokoh masyarakat, sejarawan, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini dirangkai dengan Seminar Nasional bertema Kemaritiman yang bertajuk “Mengoptimalkan Potensi Ekonomi Kemaritiman di Banten Melalui Sinergi Para Pemangku Kepentingan”.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, para intelektual Islam, khususnya yang berada di lingkungan ICMI Banten diharapkan mampu mengambil peran-peran strategis dalam berpartisipasi membangun Provinsi Banten.

“Dengan pemikiraanya kita tunggu kontribusinya, karena sudah disumpah dan janji, pakai jas pula. Harus jelas, nanti saya tunggu. Harus punya konsep bagaimana mengelola Provinsi Banten yang sangat potensial ini,” kata pria yang akrab disapa WH.

Pada kesempatan tersebut, WH berpesan juga kepada segenap keluarga besar ICMI dan pemangku kepentingan terkait untuk merapatkan barisan dan terus mengobarkan semangat untuk senantiasa memajukan dan mensejahterakan masyarakat Banten secara keseluruhan.

“Jangan membawa isu-isu di luar, langsung ICMI diskusi dengan gubernur, tanya sama gubernur dengan berbagai teori, konsepnya dan gagasannya, kita tunggu,” katanya.

Apresiasi tinggi pun diungkapkan Ketua Umum ICMI Pusat Jimly Asshiddiqie terhadap kepengurusan ICMI Provinsi Banten. Ia yakin ICMI Provinsi Banten mampu memberikan kontribusi berupa pembangunan secara berkelanjutan bagi Provinsi Banten. Pada kesempatan ini, Jimly pun memberikan masukan supaya ICMI Banten memperkuat basis ekonomi masyarakat

“Peran cendekiawan sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa, memajukan negeri. Sudah kita pelajari dari sejarah terutama Banten, bagaimana peranan cendekiawan sangat menentukan dan mempengaruhi perkembangan kerajaan Banten dan Indonesia secara lebih luas,” ucapnya. (nhd/as)

 

Banten Headline