Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang: Pemandangan Umum Fraksi terhadap LKPJ Bupati tahun 2020

TIGARAKSA- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang Kholid Ismail memimpin langsung rapat paripurna pemandangan umum fraksi atas penjelasan  Bupati terhadap LKPJ Bupati tahun 2020, Senin (22/3/2021).

Sebelumnya, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli sudah menyerahkan nota pengantar LKPJ Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang, Kamis (19/3/2021) lalu.

Berikut pemandangan umum sejumlah Fraksi DPRD Kabupaten Tangerang:

  1. Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PDI Perjuangan mengatakan pasca terjadinya Pandemi covid-19 tentunya memperngaruhi prioritas anggaran dan sasaran pembangunan yang berakibat terjadinya pergesaran target dan sasaran serta prioritas daerah yang berakibat langsung kepada perubahan RKPD dan sasaran RPJMD 2019-2023. 

Seperti refocusing dan beberapa penyesuaian anggaran di beberapa OPD lainnya, yang kami cermati adalah usaha usaha dan keberhasilan apa saja yang telah pemerintah daerah capai dalam mengatasi masalah tersebut. Tema Pembangunan tahun 2020 Kabupaten Tangerang adalah Pemulihan ekonomi dan sosial dikarenakan adanya pandemi covid19 maka kebijakan pemda melakukan refocing dan rasionalisasi anggaran di beberapa urusan dan program program kegiatan Pemerintah Kab Tangerang tetapi pada fakta dan Datanya Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang atau LPE minus 3,70 dibandingkan tahun 2019 sebesar 5.58.

2. Pemandangan Umum Fraksi Partai Gerindra, beberapa evaluasi pada sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Pendidikan yang dilakukan secara daring dianggap kurang efektif dan penting untuk menemukan solusi agar proses belajar benar-benar efektif. 

Pada sektor kesehatan, masih terdapat kurangnya implementasi atas program PSBB hingga PPKMM yang telah diupayakan dan agar proses vaksinasi dapat tersentuh dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat. Terkait evaluasi pada sektor ekonomi dengan masih ditemukannya masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan, serta masih ketertinggalannya sektor jasa dibandingkan dengan sektor produksi. 

3. Pemandangan Umum Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Tangerang menyampaikan apresiasi atas penyampaian LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2020. Meskipun tahun 2020 datang masa pandemi, namun tidak menurunkan kinerja pemerintah daerah. Justru capaian demi capaian ditorehkan oleh kepala daerah dengan meraih penghargaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan tata kelola pemerintahan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa  Bupati dan  Wakil Bupati telah bekerja keras dalam rangka memenuhi harapan publik. Langkah Pemkab Tangerang melakukan recofusing dan rasionalisasi di beberapa urusan, program, dan kegiatan adalah langkah strategis di masa pandemi covid-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi dengan harapan kehidupan masyarakat segera normal kembali. Program jaring dan pengaman sosial serta upaya menggerakkan sektor riil masyarakat yaitu bantuan permodalan terhadap pelaku UMKM yang terdampak covid-19 adalah contoh nyata dari kepedulian pemerintah daerah sekaligus menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang hadir di tengah-tengah masyarakat. (asn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *