Deteksi Dini Kasus Covid-19, Pemkab Tangerang Luncurkan Mobil Swab PCR Keliling

TANGERANG-Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan meluncurkan  layanan mobil Swab PCR keliling di Kantor Kecamatan Legok, Senin (14/6/2021).

Langkah ini dimaksudkan untuk mendeteksi secara dini kasus Covid-19 di tengah masyarakat. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti tes Swab PCR sangat luar biasa.

“Antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Hari ini sebanyak 254 orang mengikuti layanan mobil Swab PCR keliling ini. Rencananya kegiatan ini akan diadakan selama 5 hari, mulai tanggal 14 Juni hingga 18 Juni,” ujar Plt Camat Legok Cucu Abdurrosyied.

Cucu juga mengapresiasi Pemkab Tangerang dan mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati dengan disediakannya layanan mobil Swab PCR keliling ini. Keberadaan mobil Swab PCR keliling ini kata Cucu  sangat membantu dalam upaya memaksimalkan pelaksanaan Swab PCR khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kami berterimakasih kepada Bapak Bupati melalui Dinkes yang telah mengirim mobil layanan Swab PCR ini. Tentu pelaksanaan Swab PCR keliling ini sangat kami apresiasi karena bertujuan untuk tracing dan juga pencegahan dini bagi yang kontak erat dan seterusnya. Layanan ini juga sangat membantu dalam upaya memaksimalkan Swab PCR khususnya di wilayah Kecamatan Legok,” ujarnya.

Menurut Cucu,  layanan ini juga dapat diikuti oleh warga di luar wilayah Kecamatan Legok dengan hanya membawa fotokopi KTP dan juga KK.

Cucu berharap layanan mobil Swab PCR keliling atas prakarsa Pemkab Tangerang, Dinas Kesehatan, Labkesda Kabupaten Tangerang yang dipimpin oleh dr. Jusran Jufri ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan demikian kata dia, keberadaan mobil layanan Swab PCR keliling ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Legok dr. Riesda Nandini sebagai salah satu penanggung jawab kegiatan tersebut menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mendeteksi secara dini kasus Covid-19 yang sedang mengalami peningkatan pasca lebaran.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka deteksi dini kasus Covid-19 yang sedang mengalami peningkatan pasca Lebaran. Kami juga menurunkan kurang lebih 15 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari tenaga Puskesmas, Labkesda dan staf Kecamatan Legok ,” tuturnya.

Dirinya juga menjelaskan waktu yang dibutuhkan hingga hasil tes keluar yakni 1 hari. Dan  nantinya hasil tes akan diberitahu oleh wilayah kerja Puskesmas masing-masing.

Selain itu, Kepala Puskesmas Bojong Kamal drg. Made Kusuma Dewi dan Kepala Puskesmas Caringin dr. Dewi Yuliana Lestari juga ikut andil sebagai penanggung jawab dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini juga dapat terselenggara dengan baik dengan dukungan Forkopimcam Kecamatan Legok. Forkopimcam Kecamatan Legok  selalu memberi dukungan pada semua tim kesehatan di 3 Puskesmas Kecamatan Legok adalah;  Plt. Camat Legok, Kapolsek Legok, Danramil 03/Legok serta Lintas sektor yang lainnya.

Salah satu masyarakat yang memanfaatkan layanan mobil Swab PCR keliling, Arif Imam Syafei, mengaku merasa terbantu dengan adanya layanan tersebut.

“Karena wilayah Kabupaten Tangerang sekarang zona orange mungkin banyak masyarakat  yang terpapar virus. Langkah Pemkab Tangerang ini patut diapresiasi, karena dengan mengikuti tes  kita dapat mengetahui apakah  terjangkit Covid-19 atau tidak,” ujar Arif.

Layanan mobil Swab PCR keliling mampu memeriksa hingga 300 sample perhari. Hal ini juga sebagai pembatasan pendaftar perharinya demi mencegah terjadinya antrian yang menumpuk, selain itu  agar petugas lab dapat bekerja dengan maksimal. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *