Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di Kabupaten Tangerang Berlangsung Khidmat dan Sederhana

  • Bagikan

TANGERANG-Suasana khidmat mewarnai pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 yang bertempat di Lapangan Maulana Yudha Negara Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa, (17/8/2021) pagi.

Upacara dihadiri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar beserta Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli yang diikuti oleh Ketua DPRD, Dandim 0510, Kapolres Kota Tangerang, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Agama Tigaraksa, Ketua Pengadilan Negeri Tangerang dan Sekretaris Daerah Kabupten Tangerang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung ditandai dengan penekanan sirine dan tembakan kehormatan sebanyak 17 kali.

Di sela-sela upacara tersebut, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, perayaan HUT RI ke-76 yang masih dalam pandemi COVID-19 dibatasi penyelenggaraannya baik upacara penaikan bendera, detik-detik proklamasi, maupun penurunan di Tingkat Kabupaten Tangerang.

“Bisa dilihat oleh semuanya, upacara berlangsung dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan juga dengan jumlah peserta yang amat sangat terbatas yang hadir di lapangan yang terlebih dahulu telah melakukan swab antigen dan selebihnya untuk dinas-dinas dan kecamatan dilakukan secara virtual atau daring,” ungkap Zaki.

Sementara itu, bertindak sebagai Komandan Upacara Kapt. Inf. Jefriansen Sipayung yang menjabat sebagai Danramil 13 Cisoka pada Kodim 0510 Tigaraksa.

Kegiatan upacara tersebut dengan pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Lalu menyanyikan lagu mengheningkan cipta. Dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tangerang Dedi Mahfudin.

Anggota Paskibra pada pagi hari yang dikenal dengan Pasukan Putih pun hanya berjumlah 8 orang dikarenakan pandemi COVID-19, dengan 3 anggota yang bertugas mengibarkan bendera.

Sementara itu, salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Mariam Melka sebagai pembawa baki dari SMKN 1 Kabupaten Tangerang mengungkapkan perasaannya setelah berhasil mengibarkan bendera merah putih.

“Pastinya saya merasa senang ya karena berhasil mengibarkan bendera merah putih dengan baik dan lancar sampai selesai,” tuturnya.

Diketahui, para anggota Paskibraka melaksanakan karantina selama 7 hari setelah melalui rangkaian proses seleksi yang cukup panjang. Para peserta pun melakukan pemeriksaan kesehatan dengan swab rapid antigen setiap 2 hari sekali.

Dalam kesempatannya, Melka juga menyampaikan pesannya bagi anak-anak muda generasi selanjutnya untuk tetap semangat.

“Tetap semangat, tetap berada di jalan yang baik dan melakukan kegiatan yang baik serta positif pula untuk memajukan bangsa tentunya dan bisa membanggakan orang tua, diri sendiri, bangsa dan negara,” pesannya.

Rangkaian Upacara dilanjutkan, upacara penurunan bendara yang berlangsung pada sore hari pukul 16.00 WIB dengan lancar.  Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli.

Perlu Diketahui, dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga menggelar vaksinasi massal di seluruh fasilitas dan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Tangerang dan juga rumah sakit mitra Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan jumlah sasaran 17.845 vaksinasi bagi masyarakat.

Bupati mengatakan, hari ini program vaksinasi dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan target 17.845 peserta yang tersebar di seluruh RSUD Kabupaten Tangerang dan beberapa RSU Mitra Pemerintah Kabupaten Tangerang dan fasilitas kesehatan lain seperti Puskesmas.

“Semoga program vaksinasi ini bisa mempercepat Herd Immunity masyarakat Kabupaten Tangerang dan juga dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Zaki.

Bupati sangat menyambut baik ada beberapa agenda kejutan-kejutan bagi masyarakat yang melakukan vaksin hari ini, Zaki menyerahkan hadiah yang berulang tahun di tanggal 17 Agustus hari ini sekaligus divaksin di RSUD Balaraja. (ADV)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *