Antisipasi Banjir, Pemkot Tangsel Normalisasi Sungai di Wilayah Rawan Banjir

  • Bagikan
Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melakukan normalisasi sungai di wilayah rawan banjir.
Pemkot Tangsel menormalisasi sungai di wilayah rawan banjir. (Foto: Aldi Tardiansyah)

TANGERANG SELATAN – Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melakukan normalisasi sungai di wilayah rawan banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan, normalisasi sungai dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan ini.

“Kegiatan yang sudah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) seperti pengerukan sungai Serua di kampung Bulak Pondok Maharta dan sungai Ciputat,” ujarnya, Kamis 25 November 2021.

Selain itu, normalisasi juga dilakukan di Graha Mas Serpong, yaitu penurapan kali Angke. “Pekerjaan normalisasi sedang berlangsung, waktu pengerjaan sampai bulan Desember,” imbuhnya.

Salah satu wilayah yang kerap banjir saat musim hujan yaitu kampung Bulak, Pondok Maharta. Pemicu banjir karena tersumbatnya aliran sungai yang melintasi wilayah itu akibat sedimentasi dan sampah.

“Banjir karena sampah dari perumahan yang dibuang ke sungai ini,” kata warga setempat, Widodo.

Menurutnya, normalisasi sungai tidak menjadi jaminan daerah tersebut terbebas dari banjir. “Harusnya dibuat tandon untuk penampungan air yang parah tuh,” katanya.

Selama lima tahun terakhir, kata dia, banjir terjadi di wilayah tersebut. “sudah lima tahunan di sini banjir,” pungkasnya.

Penulis: Aldi Tardiansyah, mahasiswa FISIP UNIS Tangerang, jurusan Jurnalistik

Editor: Ahmad Sarifudin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *