Resmi Dideklarasikan, Forja Jurnalis Kabupaten Tangerang Fokus Tingkatkan Kreativitas dan Profesionalitas

  • Bagikan

TANGERANG-Forum Kerja (FORJA) Jurnalis Kabupaten resmi dideklarasikan di Takara Golf Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (2/2/2022).  FORJA Kabupaten Tangerang tersebut berisi 25 jurnalis dari berbagai media massa baik nasional maupun lokal di Provinsi Banten.

Dalam deklarasi ini juga disampaikan sejumlah poin-poin seperti bertekad menjaga roh dan nilai-nilai Iuhur pers Indonesia dengan cara menjaga independensi, menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ), dan bekerja mewujudkan jurnalisme yang sehat untuk kepentingan masyarakat secara luas serta menolak semua bentuk hoax.

Dalam sambutannya salah seorang Anggota Dewan Pendiri FORJA Kabupaten Tangerang, Endang Jaya Permana menyampaikan Forum Kerja Jurnalis ini merupakan wadah bagi para wartawan yang aktif bekerja di Kabupaten Tangerang. Forum ini juga lanjut Endang, hadir sebagai wadah diskusi dan tempat pelatihan peningkatan kualitas anggota dalam meningkatkan kreativitas pemberitaan termasuk meningkatkan kinerja sebagai jurnalis.

Selain itu, lanjut dia, dengan mempunyai kualitas yang mempuni para anggota FORJA Jurnalis Kabupaten Tangerang  didorong ikut serta sertifikasi profesi uji kompetensi wartawan (UKW). Mereka pun didorong ikut untuk serta dalam organisasi profesi konstituen dewan pers seperti PWI, AJI, atau IJTI.

“Nanti teman-teman FORJA ini juga didorong untuk ikut organisasi profesi yang terdaftar konstituen dewan pers,” harap Endang dalam sambutannya.

Ketua FORJA Kabupaten Tangerang, Alfian Herianto mengatakan dibentuknya FORJA adalah sebagai wadah silaturahmi antar jurnalis di Kabupaten Tangerang, baik dari media cetak, online, tv, dan radio.

“Dengan ingin menciptakan jurnalis, yang kreatif, inovatif, solidaritas, jujur, disiplin dan bertanggung jawab,” kata wartawan Harian Satelit News ini.

Kabid Informasi Komunikasi Publik Diskominfo, Suryadi mewakili Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan ucapan selamat atas deklarasi FORJA Kabupaten Tangerang. Ia berharap dengan deklarasi dapat bersinergi dengan Pemkab Tangerang.

“Selamat dan sukses atas Deklarasi Forum Kerja Jurnalis Kabupaten Tangerang. Harapan kami Pemkab Tangerang dapat bersinergi khususnya Diskominfo. Serta angkat dalam deklarasi meningkatkan profesionalisme, pembelajaran untuk masyarakat kepada masyarakat dalam terkait hal yang diberitakan,” katanya.

 

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Zain Dwi Nugroho melalui Kasat Narkoba, Gede Adi mengatakan selamat atas deklarasi FORJA Kabupaten Tangerang ini. Saat ini, Polri menjadi atensi Kapolri penguatan manajemen media. Tentunya dalam melayani masyarakat lanjut Gede, informasi-informasi tersebut tidak luput peran serta para awak jurnalis.

“Kami mohon doa dan kerjasamanya,” ujar pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Balaraja ini.

Hal senada juga disampaikan, Kapolres Kombes Komarudin melalui Kasi Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim. Menurutnya sudah menjadi atensi khusus untuk bersinergi dengan awak media sesuai dengan arahan Kapolri.

“Tentunya sesuai arahan bapak Kapolri, ini menjadi sebuah atensi untuk bersinergi dengan teman-teman media,” tandasnya. (Fej/Asn)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *