Membumikan Jurnalisme di Sekolah, PWI Kabupaten Tangerang dan KCD Teken MoU

KABUPATEN TANGERANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten wilayah Kabupaten Tangerang menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU), Selasa (13/9/2022).

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung disesi akhir acara Literasi Media untuk Humas dan Kepala Sekolah SLTA di Kabupaten Tangerang yang dihelat di Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangkj Wahyudin mengatakan, inti dari MoU tersebut adalah untuk lebih membumikan jurnalisme di sekolah-sekolah SLTA yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Sebagai organisasi profesi wartawan, kami sangat menyambut baik kerjasama dengan KCD Kabupaten Tangerang ini, karena penyelenggara pendidikan serta siswa memang sangat perlu memahami jurnalisme,” ujarnya Sangki.

Kerjasama tersebut, menurut Sangki, salah satu ikhtiar atas tantangan di era digital saat ini. Para generasi penerus bangsa ini, kata dia, perlu memahami jurnalisme sejak di bangku sekolah untuk menghadapi tantangan kebebasan informasi.

“Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan jurnalisme, tentunya anak-anak didik di sekolah mampu bersikap kritis dalam menyaring sebuah informasi, baik di media sosial maupun berbagai platform lain di internet, agar mereka tidak menjadi korban hoaks,” tegasnya.

Sekian itu, lanjutnya, para penyelenggara pendidikan juga harus semakin meningkatkan kapasitas serta kapabilitas untuk aktif memproduksi konten-konten positif yang akan menghiasi jagad maya.

“Saat ini, kemampuan jurnalisme sangat dibutukan juga oleh para guru dan kepala sekolah, sehingga kami berharap sahabat-sahabat kami ini terus aktif menulis dan memproduksi konten-konten edukatif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” imbuhnya.

Sementara Kepala KCD Pendidikan dan Kebudayaan Banten wilayah Kabupaten Tangerang Mohamad Bayuni mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar sekolah-sekolah SLTA di Kabupaten Tangerang semakin aktif dan kreatif di era digital ini.

“Tentunya dengan adanya kerjasama dengan PWI Kabupaten Tangerang ini, semangat kami mendorong sekolah-sekolah aktif memproduksi konten positif dan edukatif semakin besar, karena kami berjalan bersama sahabat dalam perjalanan untuk mewujudkan misi tersebut,” katanya.

Bayuni mengapresiasi kiprah PWI Kabupaten Tangerang yang selama ini terus aktif menggelar berbagai kegiatan, terutama pelatihan jurnalistik bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami berharap dengan adanya MoU ini, kegiatan-kegiatan tersebut semakin ditingkatkan, terutama dengan target peserta siswa dan guru,” pungkasnya. (Fej)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *