Tim Basket Binaan Telkom Raih Emas Porprov Banten 2022

  • Bagikan

KOTA TANGERANG – Tim Basket Putra Kabupaten Tangerang meraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten tahun 2022 yang berlangsung di Kota Tangerang.

Tim Basket Kabupaten Tangerang yang disponsori Telkom Indihome tersebut, berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Tim Basket Putra Kota Tangerang, pada pertandingan Final, Minggu (27/11/2022).

Pertandingan Final Basket Porprov IV Bantendi GOR Dimyati Kota Tangerang berlangsung sengit. Pada awal quarter pertama Kabupaten Tangerang sempat tertinggal dengan tuan rumah Kota Tangerang. Pada quarter kedua dan ketiga, kedua tim terus menerus melancarkan serangan.

Hingga quarter keempat Kabupaten Tangerang sempat tertinggal dengan Kota Tangerang, dengan skor 39-40. Selepas tertinggal itu, Kabupaten Tangerang sempat menyamakan skor 40-40.

Skor sama tersebut membuat kedua tim saling berlomba untuk bisa  menambah poin. Namun akhirnya, Tim Basket Kabupaten Tangerang berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir  44-41.

Coach Tim Basket Kabupaten Tangerang, Coki kepada wartawan mengatakan, tim basket yang meraih medali emas Porprov VI Banten adalah tim putra untuk nomor pertandingan 5-5. Sedangkan tim basket putrid Kabupaten Tangerang menyumbangkan medali perunggu.

“Pretasi ini tidak lepas dari kerja tim yang telah melewati masa seleksi sejak 2020 sampai menjelang Porprov Banten,” kata Coki saat ditemui di basecamp Tim Basket Kabupaten Tangerang, kawasan Sumarecon, Senin (28/11/2022).

Menurut Coki, tidak mudah untuk bias bergabung dengan Tim Basket Kabupaten Tangerang. Para atlet harus melewati sejumlah tahapan seleksi, termasuk identitas yang mengharuskan calon atlet berdomisili di Kabupaten Tangerang.

“Ini dibuktikan dengan KTP bagi yang sudah berumur 17 tahun ke atas, sedangkan yang belum berusia 17 tahun, dibuktikan dengan KK (kartu keluarga),” ungkap Coki.

Para atlet basket yang lolos seleksi, lanjut Coki, kemudian mengikuti berbagai training, hingga menjalani uji coba atau try out dengan menggelar pertandingan dengan berbagai tim basket di Bandung, Jawa Barat.

“Latihan intensifnya selama delapan bulan, mulai Maret hingga Porprov Banten dimulai,” imbuhnya seraya menyampaikan apresiasi kepada Telkom Indihome yang telah mensponsori Tim Basket Kabupaten Tangerang selama try out.

Coki juga mengaku cukup kesulitan untuk menentukan atlet basket selama masa seleksi. Sebab, kata dia, bukan karena tidak memenuhi kriteria, namun sebaliknya lantaran bakat mereka semua di atas rata-rata.

“Bagus semua, jadi kami cukup sulit menentukan mana yang masuk tim. Bahkan menjelang Porprov pun masih ada atlet yang tereliminasi, karena terbentur aturan juga kebutuhan tim,” jelasCoki.

Pebasket Tim Kabupaten Tangerang, Kenichi menambahkan, selama masa seleksi sejak Februari banyak suka duka dalam membentuk tim basket yang solid. Silih berganti calon pebasket  yang mengikuti seleksi, hingga akhirnya terbentuk tim basket putra yang handal dengan formasi 12 orang.

“Intinya usaha tidak mengkhianati hasil. Inilah hasilnya, kami meraih medali emas Porprov Banten,” ujarnya. Sedangkan Coach Valence menyebut sabar menjadi kata kunci dalam membentuk tim basket yang solid. Sebab, kata dia, para calon atlet berasal dari berbagai sekolah, karakter atau suku.

“Untuk membentuk tim yang tangguh dengan memperbanyak try out dengan tim basket lain. Main tenang, anggap latihan jugaf aktor lain dalam membentuk tim basket yang handal,” katanya.

Pasca meraih prestasi pada ajang Porprov Banten 2022, Tim Basket Kabupaten Tangerang nantinya akan menjalani seleksi untuk mewakili Banten pada ajang yang lebih tinggi, seperti pecan olahraga nasional (PON).

“Kami selalu menekankan kepada tim bahwa masih ada game yang lebih menantang, bahkan harus bias melaju hingga ketingkat internasional,” jelas Valence. (Nhd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *