Hewan Langka Ditemukan di Kawasan Pesisir Tangerang

KABUPATEN TANGERANG –¬† Belangkas atau mimi tahcypleus ditemukan di Pesisir Utara Kabupaten Tangerang. Hewan yang mirip ikan pari tersebut masuk kategori langka dan sebagai indikator meningkatnya kualitas perairan dalam satu wilayah.

Belangkas atau mimi tahcypleus adalah sejenis hewan air yang berbentuk unik. Tubuhnya lebar pipih dan berekor panjang seperti ikan pari, tapi mereka bukan ikan. Dalam bahasa inggris hewan ini disebut horseshoe crab alias kepiting ladam karena bentuknya dianggap mirip ladam.

Program rehabilitasi mangrove yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, telah berhasil meningkatkan kualitas perairan di pesisir Kabupaten Tangerang.

Hal itu diungkapkan, Kasi Teknologi Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Hari Mahardika dalam kegiatan penanaman 1.000 mangrove oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (1/2/2023).

Kata Hari, hal tersebut diperkuat dengan penemuan telur dan belangkas atau yang lebih dikenal dengan nama mimi tahcypleus yang merupakan satwa langka.

Hewan langka (primitive marine animal) ini kata Hari, bukan saja penampilan mereka yang primitif, tapi mereka punya leluhur yang hidup sekita 450 juta tahun lalu.

“Mimi tahcypleus merupakan bioindikator kesehatan lingkungan, dengan adanya satwa ini bahwa program rehabilitasi mangrove yang laksanakan Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah on the track dan berhasil meningkatkan kualitas perairan di pesisir Kabupaten Tangerang,” kata Hari.

Hari menjelaskan, ada 17 jenis mangrove yang tumbuh subur di pesisir pantai Kabupaten Tangerang.

“Kita saat ini sudah mengkoleksi 17 jenis mangrove avicienna marina, a. alba, a. Officenalis a. lanata, rhizopora stylosa, r. apiculata, r. mucronata, bruguiera Parviflora, b. gymnoriza, b. cylindrica, xylocarpus granatum, ceriop tagal, lumnitzera racemosa, exocaria agalloca , nypa frutican dan candelia kandel,” paparnya.

Seperti diketahui, dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang, melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di kawasan pesisir di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. (nhd)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *