Kunjungi Pos Damkar, Murid TKIT Permata Auliya Sodong Dikenalkan Alat Pemadam Kebakaran

KABUPATEN TANGERANG – Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang menerima kunjungan edukasi pemadam kebakaran dari murid Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Auliya Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Kamis (1/2/2024).

“Tadi kami menerima kunjungan murid TKIT Permata Auliya Tigaraksa, kunjungan tersebut dalam rangka edukasi penanganan pemadam Kebakaran dan bencana sejak usia dini,” kata Solihin, Danpos Damkar Tigaraksa kepada awak media.

Edukasi yang disampaikan kepada murid TKIT Permata Auliya berupa tugas rutinitas petugas mulai dari pengenalan peralatan dan tugas pemadam Kebakaran.  ”Yang kami kenalkan peralatan kebakaran seperti alat pemadam api ringan, alat pemadam api berat, apar thematic, peralatan fire hydrant system berupa sistem pemadam kebakaran menggunakan air bertekanan untuk memadamkan api. Komponenya berupa pompa (fire pump), pipa atau selang, fire house, nozzle valve,” papar Solihin.

Pria kelahiran Kresek ini menjelaskan, selain peralatan pemadam kebakaran, pihaknya  juga menyampaikan kepada para siswa,  peralatan perlindungan diri petugas kebakaran selama menjalankan tugas pemadam kebakaran yaitu pakaian tahan api, meliputi jaket dan celana yang terbuat dari bahan tahan api dan panas, dan  helm pemadam kebakaran.

Selain itu, dikenalkan juga sistem pernapasan udara terkompresi (SCBA) terkait durasi pasukan udara, ketahanan panas, dan kemampuan komunikasi, sarung tangan tahan api, sepatu boot tahan api, bahan kimia dan benda tajam dengan perlindungan tambahan untuk jari kaki, kecamatan pelindung atau pelindung wajah dan alat komunikasi.

“Setelah kami menjelaskan peralatan pemadam kebakaran dan alat pelindung diri petugas kebakaran, tim kami Regu A mengajak adik-adik untuk menaiki mobil pemadam kebakaran dan memutari kantor pemadam yang ada di sekitar Pos Damkar Tigaraksa,” imbuhnya.

Salah satu murid TKIT Permata Auliya Muhamad Al Fatih Munir (6 tahun) yang ikut kunjungan mengaku sangat senang bisa  berkunjung dan menaiki mobil pemadam kebakaran. “Kalau sudah besar aku mau jadi petugas pemadam  kebakaran. Dulu sebelum sekolah TK aku sering naik mobil pemadam kebakaran di kantor papa. Om Romi da Om Bunyamin yang bawa mobil Damkar keliling sekitar kantor,” kata Alfatih dengan polos.

Guru TKIT Permata Auliya Cindy Melinda Deviana dan Siti Quratul Ainul Jannah mengatakan, kunjungan ke Pos Damkar merupakan agenda rutin dari sekolah untuk mengedukasi  murid TKIT Permata Auliya terkait penanganan kebakaran.

“Manfaat edukatif kunjungan ke Damkar yaitu mengenalkan profesi secara mendalam, memanfaatkan lebih banyak panca indra saat belajar, melihat obyek nyata, belajar dengan cara mengalami, belajar cara menyelamatkan diri dan melatih ketenangan,” ujarnya. (nhd)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *