0

Ini Tips Dapatkan Umur 10 Tahun Lebih Muda Seperti Ronaldo

Foto: Reuters

JAKARTA-Kecemerlangan bintang Juventus Cristiano Ronaldo seolah tak pudar di usianya yang sudah 34 tahun. Tak heran karena tes medis pernah membuktikan umur biologisnya masih sekitar 20-an tahun.

Di dunia kebugaran, dikenal dua jenis usia yakni usia kronologis dan usia biologis. Usia kronologis adalah usia yang dihitung secara matematis berdasarkan kalender sejak seseorang dilahirkan.

Umur biologis adalah hal yang berbeda. Pada dasarnya, ini adalah hasil perhitungan dari proses penuaan sel-sel tubuh. Di tingkat molekuler, tingkat kerusakan ini bisa terlihat dari komponen DNA (eoxyribo Nucleic Acid) yang disebut telomere.

Cepat lambatnya proses tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, dan kabar baiknya, bisa diperlambat. Faktor-faktor yang berpengaruh pada umur biologis antara lain aktivitas fisik, diet, dan penyakit maupun kondisi kesehatan tertentu.

Nah untuk mempertahankan umur biologis agar tetap awet muda seperti Ronaldo, atau bahkan mengembalikannya jadi lebih muda, ada beberapa tips yang bisa diikuti seperti dirangkum dari Healthline berikut ini.

1. Olahraga teratur
Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan aktivitas fisik dengan intensitas ringan-sedang selama 30 menit sehari selama 5 hari dalam sepekan. Seseorang yang rajin melakukan aktivitas fisik akan memiliki sistem metabolisme yang lebih baik.

2. Menjaga berat badan
Sebenarnya, berat badan hanya sebagai indikator. Yang lebih penting untuk dijaga adalah komposisi massa tubuh, yakni menjaga kadar lemak dan otot selalu di titik optimal. Ronaldo memiliki kadar lemak sangat rendah yakni 7 persen, dan massa otot sangat tinggi yakni 50 persen.

3. Menjaga asupan nutrisi

Makan yang ‘bersih’ dan seimbang adalah syarat utama dalam memelihara sel-sel tubuh. Umumnya dianjurkan untuk mengontrol asupan gula, garam, dan lemak. Mungkin tidak harus menghindari sama sekali, tetapi membatasi agar tidak berlebihan.

4. Istirahat yang cukup
Sel-sel tubuh membutuhkan waktu untuk recover atau memperbaiki diri dari kerusakan-kerusakan setelah dipakai untuk beraktivitas. Tidur 7-8 jam sehari sangat dibutuhkan untuk proses ini.

5. Menjauhi stres
Stres di pikiran sangat bisa mempengaruhi stres secara fisik, yang akan mempercepat kerusakan sel-sel tubuh. Selalu berpikir positif dan meluangkan waktu untuk menenangkan diri adalah salah satu cara mengontrol stres dengan cara yang sehat. (detikhealth)

Filed in: Gaya Hidup

Recent Posts

Bookmark and Promote!

Leave a Reply

Submit Comment

© 2015 Kanal Tangerang.

.