Bisnis  

Roby Irwanto, Bos Properti yang Hobi Bisnis sejak SMP

TANGERANG-Bermula dari keliling dengan motor mencari “lahan”, kini Roby Irwanto menjadi salah seorang pengusaha properti. Saat ini ia merupakan pemilik sekaligus direktur utama PT BroadBiz Asia. Roby merupakan putra Basril Djabar, seorang pengusaha media asal Dangung-dangung, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Beberapa proyek propertinya antara lain Gintung Residence di Ciputat, Tangerang Selatan, Girimukti Residence di Sumedang, dan Apartemen Paragon Village di Karawaci, Tangerang. Pada tahun 2011, Roby telah meluncurkan proyek mini CBD dengan kapitalisasi sebesar Rp 650 miliar di Tangerang dan hunian berupa landed house di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Pada tahun 2012 ia meluncurkan Biz Hotel di Karawaci, Tangerang. Hotel bintang tiga ini terdiri dari 14 lantai dengan 253 kamar. Saat ini, Robby sedang mengembangkan Paragon Square, proyek mixed-use yang meliputi apartemen, hotel, kantor, kafe, dan restoran. Selain berbisnis properti, Robby juga memiliki perusahaan desain interior dan mebel.

Sejak masih di bangku SMP, jiwa bisnisnya sudah tumbuh. Kegigihannya berlanjut hingga lulus kuliah ketika ia memilih berkarier di dunia properti. Dengan niat itulah, seusai jam kantor, dengan sepeda motornya, Roby menyusuri kawasan pinggiran Jakarta dan Tangerang hanya demi mengendus sebidang lahan yang hendak dijual.
Meski membeli kecil-kecilan 100-1.000 m2, lambat laun dari hasil perburuannya itu ia memiliki tabungan tanah berhektar-hektar di kawasan Bintaro, Karawaci, Ciputat, Bendungan Hilir, dan sebagainya.

Di tempat kerjanya, karier Roby pun terus meningkat. Bergabung pada 1997 sebagai staf penjualan, ia lantas menduduki posisi Manajer Senior Penjualan dan Pemasaran Lippo pada 2000. Ia sempat terlibat dalam penjualan proyek perumahan Beverly Golf di Lippo Karawaci, WTC Serpong dan Gowa Trade Centre (GTC) di Makassar.
Lippo pula yang menjadi guru besarnya dalam properti. Dan dengan bekal ilmu properti dan tabungan lahan yang cukup, ia merasa sudah saatnya menyambut panggilan hatinya menjadi pengusaha properti.

Ia mengawali langkahnya dengan menjadi kontraktor kecil-kecilan lewat PT Broadbiz Asia, bendera yang belakangan terus dikibarkannya saat memasarkan Paragon Village. Apartemen itu dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 79 juta dan membidik pasar pekerja di tingkat menengah dan bawah, juga mahasiswa dan civitas akademika yang jumlahnya cukup banyak di seputaran Karawaci. Dengan harga jual yang terhitung “murah” dan berlokasi di tengah pusat kota Karawaci, proyek yang bernilai investasi Rp 250 miliar itu laris manis diserbu pasar.

Jangan heran kalau ayah tiga anak ini sudah bersiap untuk membangun dua proyek apartemen lain. Yang pertama di kota Tangerang. Membidik kelas serupa, di atas lahan seluas ± 1 Ha, proyek 2 menara ini akan dilengkapi dengan entertainment arcade. Untuk ini Roby sudah memperkirakan kapitalisasi proyek ini sebesar Rp350 miliar.  Lainnya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, berjumlah 5-6 menara, dengan kelas pasar yang sama dan bernilai investasi Rp650 miliar. Nilai tanah yang sudah tinggi di Kota Tangerang Selatan dan Tangerang, itulah yang mendorong Roby memilih untuk membangun hunian vertikal di kedua kota tersebut.

PT Broadbiz Asia, perusahaan yang mengembangkan sejumlah properti menengah di Tangerang, mendapatkan mitra strategis dari Brunei Darussalam, Habb Engineering. Habb Engineering akan membantu Broadbiz meningkatkan kemampuan keuangan menggarap proyek-proyek besar yang akan dikerjakan pengembang residensial-mal-office park Paragon Square di Tangerang, Banten.

Kedua perusahaan telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama (MoU) di Karawaci, Tangerang, Kamis, 17 September 2015. MoU diteken Direktur Utama PT Broadbiz Asia, Roby Irwanto, dan Direksi Habb Engineering, Brunei Darussalam, A Hj Ahmad Bolkini, yang didampingi Pengiran Anak Tahiruddin Al Haj sebagai Executive Director Habb Engineering.

Roby Irwanto menjelaskan, MoU itu berisi empat kesepakatan. Kedua pihak bekerja sama memajukan usaha masing-masing dan memaksimalkan keahlian masing-masing. “Broadbiz nanti akan membantu Habb Engineering dalam mengembangkan proyek-proyek mereka,” katanya. Roby juga mengatakan, kerja sama itu juga menjadi pijakan awal Broadbiz untuk menjadi perusahaan multinasional.

“Kita mulai dari Asia Tenggara,” katanya. Broadbiz sedang menyelesaikan proyek Paragon Square di jantung Kota Tangerang. Properti itu adalah kawasan hunian yang terdiri empat blok apartemen dengan 1.272 unit. Hunian itu nanti dilengkapi mal, perkantoran dan restoran di atas lahan seluas 8.200 meter persegi. Nilai kapitalisasi proyek itu lebih kurang Rp 650 miliar. (abr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *