“Saya sudah Keliling Indonesia, Gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang yang Termegah”

Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault dan Bupati Tangerang Zaki Iskandar meresmikan gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug, Selasa (30/8/2016). CURUG-Ketua Kwarnas (kwartir nasional) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menghadiri peringatan HUT Pramuka ke-55 tingkat Kabupaten Tangerang, Selasa (30/8/2016). Mantan Menpora ini juga sekaligus meresmikan gedung Kwarcab (kwartir cabang) Pramuka Kabupaten Tangerang di Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug.

Adhyaksa yang bertindak sebagai pembina upacara HUT Pramuka ke-55 tingkat Kabupaten Tangerang mengatakan, penerus Pramuka harus konsisten menjalankan kegiatannya. Sebab kata dia, nilai-nilai organisasi Pramuka bisa membawa pendewasaan bagi penerus bangsa di masa depan.

“Saya sudah hampir keliling Indonesia, belum ada gedung Kwarcab Pramuka semegah dan sebagus ini. Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi sekali kepada Pak Bupati, kami semua dari Kwarnas terus terang yang selama ini kami lihat dan keliling Indonesia baru kali ini ada gedung Kwarcab semegah ini dan terintegrasi. Ini hanya Kabupaten Tangerang yang punya,” kata Adhyaksa.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan, berbicara pembangunan karakter bangsa untuk generasi muda, Pramuka memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk karakter dan integritas kebangsaan. “Jati diri kita, kemandirian kita semuanya itu ada dipramuka, sekali lagi tidak usah kemana-mana, Pramukalah jati diri kita, dan nantinya akan jadi ekstrakulikuler dan juga mungkin pendidikan dasar anak-anak kita,” kata Bupati.

Zaki juga mengucapkan terimakasih kepada Ka Kwarnas Adhyaksa Dault. Kehadiran Ketua Kwarnas dalam peresmian gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang kata Zaki. Mudah-mudahan sambung Zaki, hal ini menjadi motivasi bagi daerah lain untuk memajukan Pramuka di daerahnya masing-masing. Hal senada diungkapkan oleh Ketua Kwarda (Kwartir Daerah) Pramuka Provinsi Banten H. Masduki.

Menurut dia, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, karena di bawah kepemimpinan Bupati Ahmed Zaki Iskandar, Kabupaten Tangerang bisa memiliki gedung Kwarcab yang sangat megah. “Saya berharap kepada seluruh Kwarcab-Kwarcab Gerakan pramuka di Provinsi Banten bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Bupati Tangerang yang konsisten dan berkomitmen untuk lebih memajukan gerakan Pramuka di Kabupaten Tangerang. Gerakan Pramuka kita bisa membangun generasi penerus bangsa yang lebih berkarakter dan berjati diri,” tegasnya.

Gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang memiliki luas bangunan kurang lebih 1.092 m2 dan dibangun dengan dua lantai. Fasilitas yang dimiliki antara lain, ruangan Ketua Kwarcab, aula lengkap dengan sound system, serta kantor kesekretariatan Pramuka Kabupaten Tangerang.

Gedung Kwarcab berdiri di atas lahan Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug dengan luas tanah keseluruhan 6 Hektar. Fasilitas perkemahan lengkap, mck, mushola, arena kemah, arena Out Bound, dan terintegrasi dengan Pusdiklat Kabupaten Tangerang serta sarana pendukung lainnya. (adv)

Exit mobile version